Selasa, 28 Juni 2016

Pengolahan Proyek Sistem Informasi

Latar Belakang
Pada dunia tekonologi seperti saat ini perkembangan informasi dan komunikasi yang sangat pesat membuat komputer menjadi suatu kebutuhan penting bagi setiap orang. Hal ini telah menjadi bagian dari hidup kita sehari-hari seperti  mencari informasi dan komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai pengganti mesin tik atau alat hitung. Kini komputer banyak digunakan dalam pembuatan keputusan penting seperti melakukan pekerjaan kantor dan mendapatkan informasi dari berbagai penjuru dunia.
Sejak masuknya komputer dalam bidang perdagangan, banyak aplikasi yang dibuat guna untuk mempermudah pekerjaan dalam perkembangan dibidang perdagangan seperti proses pencatatan persediaan barang. Dengan menggunakan teknologi komputer maka proses pencatatan barang masuk dan keluar akan lebih mudah dan menghemat waktu serta keamanan data terjamin.
Selama ini toko Aulya’s cosmetic yang bertempat di gedung ITC Fatmawati lt. 2 no.24 masih menggunakan sistem pencatatan manual yaitu dengan hanya menggunakan buku. Aulya’s cosmetic belum memanfaatkan teknologi komputer . hal ini tentu menghambat waktu yang cukup lama dalam pembuatan laporan dan hasil pencatatan stok barang lambat dan tidak akurat. Berdasarkan hasil observasi diperoleh salah satu fakta bahwa pencatatan stok barang  masih dilakukan dengan menggunakan buku. Hal ini tentu kurang efesien.
Dari uraian di atas, dalam penulisan ilmiah ini dibuat aplikasi pencatatan persediaan barang untuk mempermudah pekerjaan di toko Aulya’s cosmetic. Oleh karena itu dengan dibangunnya pencatatan persediaan barang ini diharapkan dapat membantu proses pencatatan barang masuk dan keluar serta pembuatan laporan.
Berdasarkan hal tersebut, maka penulis ingin membuat sebuah website yang berjudul: “Aplikasi Persediaan Barang dengan menggunakan VB.net 2008 dan Microsoft Acces 2007.”



Batasan  Masalah
Dalam penulisan ilmiah ini, penulis hanya membatasi masalah pada pencatatan barang keluar dan masuk sampai dengan pembuatan laporan harian. Informasi disajikan dalam bentuk teks dan tabel.

Tujuan
Tujuan dari penulisan ilmiah pembuatan aplikasi ini nantinya diharapkan  dapat membantu operasional toko, mempercepat proses laporan pencatatan barang masuk dan keluar, serta menambah wawasan bagi yang membutuhkan informasi mengenai pembuatan aplikasi persediaan barang.

Kelebihan
  • ·         Mempercepat dalam pengisian data
  • ·         Perhitungan yang akurat
  • ·         Mempercepat proses pembuatan laporan pencatatan barang
  • ·         Mempercepat proses pencarian data barang
  • ·         Mempercepat proses pencarian data supplier
  • ·         Mencegah kecurangan data barang
  • ·         Laporan berperiode


Kekurangan
  • ·         Desain yang kurang menarik
  • ·         Masih menggunakan database yang offlie sehingga kalau data hilang tidak ada data cadangan (backup)
  • ·         Pencarian transaksi berdasarkan tanggal saja
  • ·         Tidak ada alamat ganda pada pengiriman supplier
  • ·         Tidak ada pilihan dalam pencarian data pada transaksi



Tampilan

Menu Utama



Login



User




  
Data Supplier






Data Barang



Penerimaan dan Pengeluaran



Laporan



Program yang Belum Direvisi





Program yang Sudah Direvisi






Nama Kelompok :
Tanty Nisa Agitia           18112157
Silvia Renny Cornelius 17112013
Putri Angraeni               15112755
Annisa Rachmapuspita 10112975

Tidak ada komentar:

Posting Komentar